kuliner Jember

Kuliner Jember Recommended dan Legendaris yang Perlu Kamu Tahu (Part 1)

15:45



Halo Jember lovers! Udah lama banget Traveling Jember Yuk (TJY) pengen mengulas tentang wisata kuliner di Jember. Jujur ya, meskipun sudah mencoba berbagai kuliner di kota-kota lain, tapi kalau soal cita rasa, Jember memang jagonya. Bukan subyektif loh ini, beberapa temen-temen TJY juga sering ngomongin tentang ini loh. Cita rasanya tuh gurih yang pas dan berani bumbu! Nah, sekarang TJY ulas di part 1 dulu ya tentang kuliner Jember recommended dan beberapa sudah melintasi zaman di Jember. 

Udah ga sabar banget ya, apa aja nih?

1 Nasi Gudeg dan Pecel Lumintu

No antrian TJY pas kesana, sabarrr

Boleh banget search tentang tempat makan yang satu ini. Bahkan, di Trip Advisor, rekomendasi tempat makan nomor 1 di Jember yang memang patut dicoba para traveler adalah si Lumintu ini. Lumintu yang berarti lumayan ini memang sudah ada sejak saya masih kecil. Tepatnya tahun berapa, sepertinya lebih lama dari itu ya. Ada tuh fotonya ibu perintis Lumintu ini. Bahkan, waktu antri disana, sepertinya beliau masih ada di dapur, membantu ala kadarnya.




Nasi gudeg dan pecel disini beda banget. Buka seperti gudeg Jogja yang serba manis. Cita rasa khasnya adalah gurih, bahkan ditambah lauk apapun, top banget. Seporsi kalau ga salah sekitar 22 ribu. Tapi, biasanya saya mesennya separuh porsi yang dihargai 12 apa 16 ribu saya lupa-lupa inget. Boleh ya update harga lagi kalau ada Jember lovers yang baru-baru ini kesana๐Ÿ‘Œ

Ini juga pas dibungkus, dengan porsi separuh, udah kenyang!

Kalau ga mau antri, kamu bisa dateng ke lokasi yang terletak di Jalan Kertanegara ini (search aja di gmaps ya), selain hari Minggu pagi. Kenapa? Kalau Minggu pagi tuh antriannya bisa mengular dan membutuhkan kesabaran yang lumintu juga ๐Ÿ˜‚

2 Nasi Pecel Walisongo


Siapa yang belum tahu tempatnya? Lewatlah di sepanjang Jalan Sultan Agung menuju ke Masjid Jami' Al Baitul Amin. Saat menemukan di kiri jalan gang yang riuh dengan pedagang nasi sederhana menggunakan etalase kaca kecil, berarti Jember lovers ga salah. 

Di sebelahnya persis, ada Toko Walisongo. Entah toko ini sudah beralih fungsi atau berubah nama belum ya, TJY belum cek sikon terbaru. Soon diupdate ๐Ÿ˜„

Nasi pecelnya punya cita rasa bumbu yang sangat khas dan berasa. Jember lovers bisa pilih lauk yang disuka, mulai dari ayam, daging, telur, dan sebagainya. Mau di-mkx dengan kuah rawon juga boleh. Atau mau memesan seporsi rawon khusus pun boleh. 

Kalau berkunjung di hari Minggu, mesti siap-siap antri.

3 Bakso Solo Sampurna


Siapa yang ga kenal dengan bakso ternama ini? Sekarang ada dua tempat. Tempat utama masih sama seperti dulu, di seberang Matahari Dept Store. Yang kedua, di seberang Nico Jalan Gajah Mada.

Dengan seporsi hanya Rp. 15 ribu, Jember lovers bisa mendapatkan semangkok bakso full pentol (bisa campur kasar halus, atau memilih kasar atau halus saja) atau memilih yang ada campuran tahunya. 

Begitu bakso datang, coba deh icip dulu rasa kuah originalnya, hmmmm, tiada duanya. 

Kalau mau mencoba gorengan, kamu bisa menambahkannya. Must recommended juga nih. Berbeda dengan gorengan pada umumnya, bagian tengahnya berasa daging banget. Asli, bikin ketagihan dan pastinya kenyang. 

4 Warung Bu Darum

 


Yang satu ini juga legendaris banget. Letaknya ada di seberang Bank BCA pusat di Jalan Gajah Mada. 

Usaha ini juga turun temurun hingga ke anaknya. 


Ini penampakan pas saya bawa pulang alias dibungkus ya

Cita rasa khasnya tetap dipertahankan. Rawon sederhana yang bisa dibawa pulang atau dimakan di tempat adalah menu andalannya. Tetapi selain rawon, tempat ini juga menyediakan nasi rames dan lainnya.

5 Soto Dahlok


Soto yang satu ini tak jauh dari lokasi Pecel Walisongo. Hanya bedanya, letaknya di kanan jalan saat melintas di Jalan Sultan Agung. Carilah gang Dahlok yang bagian depannya kalau ga salah ada Ice Cream Domino (next ya dibahas).

Masuk sedikit ke dalam gang, di sebelah kiri, kamu akan menemukan Soto Dahlok. Sotonya gurih, menggunakan telur asin, juga kelengkapan soto khas Jember yang isiannya lengkap. Mulai dari kol, kecambah, kentang, tomat, bihun, ayam, bawang dan seledri. Selain telur asin tadi. 

Itulah 5 kuliner legendaris yang bisa Jember lovers coba saat berkunjung ke Jember. Kuliner legendaris ini memiliki kesamaan, yaitu dijalankan oleh keluarga secara turun temurun. Tak heran, resepnya membawa pada cita rasa yang terus terjaga. 

Jangan nyesel dengan memilih melewatkan mereka ini ya. Ditunggu ceritanya.

- Traveling Jember Yuk - 





You Might Also Like

0 comments

Follow by Email

Like us on Facebook