destinasi wisata Jember

Pantai Cangak'an Ambulu Jember, Sebuah Pantai Perawan yang Menarik untuk Dikunjungi

07:24




Halo Jember lovers! Siapa disini yang jatuh cinta banget kalau udah ketemu sama pantai? Memang sih, destinasi wisata berupa pantai itu ga akan pernah bosen untuk disambangi. Suasana alam dengan suara deburan ombak, ditambah aktivitas di sekitarnya memang membuat siapa saja ingin untuk kembali. Tau ga, kalau di Jember ternyata juga ada loh pantai yang belum terlalu terjamah banyak orang, alias masih perawan. Namanya Pantai Cangak'an atau juga kerap disebut Rowo Cangak yang terletak di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu.

Pantai Cangak-an memang tak sepopuler Pantai Watu Ulo atau Papuma yang sangat terkenal di Jember. Tapi justru karena itulah, pantai ini menarik untuk dinikmati. Kapan lagi menikmati pantai layaknya pantai pribadi :) Untuk menuju kesini, rutenya susah-susah gampang. 

gerbang pintu masuk Cangak'an

Kalau kamu dari pusat kota, langsung saja cus menuju Ambulu. Sesampainya di perempatan Ambulu, beloklah ke kiri menuju Perkebunan Blater, begitu melihat persimpangan pohon jati, terus lurus saja. Ikuti saja jalan lurus hingga menemukan Pantai Cangak'an. Jalan menuju kesini juga akan melewati hutan karet dan jembatan kecil yang melintang di atas sungai. Seru juga. Kalau bingung, boleh mengandalkan GPS  dengan petunjuk google map yang bisa dilihat disini atau juga jangan ragu untuk bertanya ke penduduk sekitar.

Sampai di pantai ini, hiruplah dalam-dalam udara segar dan aura yang tenang, minim kebisingan. Rasakan waktu seolah berjalan lambat dan kamu bisa menikmati waktumu sendiri. Saat ini, sudah ada ayunan yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk manja sambil melihat pemandangan laut dan view Bukit Suroyo yang ada di Pantai Payangan.

Yang berbeda dari Pantai Cangak'an ini adalah terlihat beberapa pepohonan yang rimbun di sisi-sisinya, begitupun mangrove. Ada pula rawa air tawar yang juga berdampingan dengan air laut. 

Bagai pantai pribadi kan?

Masih sangat hijau nih sekitarnya

Fasilitas seperti WC dan toilet, juga musholla sudah tersedia pula jika kamu mengunjungi Cangak'an. Untuk warung, sepertinya belum banyak. Sepengamatan TJY, cuma ada satu warung yang saat itu ada di pintu masuk. Entahlah buka tiap hari atau saat pengunjung ramai di weekend saja. 

Jadi, kalau kamu kesini, supaya kesan pantai pribadinya lebih berasa, disarankan untuk datang weekday aja ya. Untuk tiket masuknya sama kok, sekaligus parkir, cuma perlu 5000 rupiah saja. Dan itupun sebenernya lebih ke itikad mendukung pengelolaan tempat yang dikelola apa adanya oleh penjaga setempat.

Indah banget, pasti pengen balik lagi kesini

Pemandangan kayak begini jarang banget kan kamu lihat?

Berkunjung kesini, menikmati pesona alam buatan Sang Maha Pencipta dan menghabiskan waktu dengan perlahan, benar-benar akan membuat kamu merasa lebih bersyukur dianugerahi hidup seindah ini. Apalagi saat kamu menyaksikan beberapa penduduk sekitar yang kadangkala menjala ikan disana. Berinteraksi dengan mereka juga akan mengasah kepekaan kamu bahwa dunia ternyata tak berkutat soal ritme rutinitas yang itu-itu saja.

Semoga alam ini akan tetap indah karena ada orang-orang peduli seperti kamu yang menjaganya

Sudah punya planning kapan kesini? Jangan lupa bawa pulang sampahmu ya, supaya pantai yang aslinya perawan ini tak mengalami "perkosaan" paksa karena ulah pengunjung yang hanya mau merengguk kenikmatan sesaat saja. 


Foto : TJY from Yusuf Briliany, the travelmates ever


-Traveling Jember Yuk-  

 



 

You Might Also Like

1 comments

  1. Wow, lagi-lagi wisata jember. Nambah pengetahuan nih.. Save..
    Ada pantai, asik bet dah.. Pengen deh duduk nyantai di ayunan itu.. Ngeliatin pemandangan pasti lebih asik, terlebih ditambah segelas kopi :D

    ReplyDelete

Follow by Email

Like us on Facebook