destinasi wisata Jember

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Wana Wisata Rembangan Jember

07:49


wana wisata rembangan Jember


Halo Jember lovers!

Sudah kenal dengan wisata Rembangan alias "puncak" nya orang Jember? Desember di penghujung 2017 ini sudah punya agenda spesial ga di akhir tahun nanti? Hm, meskipun momen tahun baru memang bukan momen yang harus dirayakan, tapi biasanya kesempatan momen liburan (agak) panjang, banyak diisi agenda-agenda seru dengan keluarga atau orang-orang tercinta. Traveling Jember Yuk (TJY) punya rekomendasi hal apa saja yang bisa Jember lovers lakukan saat berada di destinasi wisata favorit Jember di Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa itu.

Dulu, waktu saya yang asli Jember ini masih duduk di bangku sekolah dasar, Rembangan  sering banget jadi tempat favorit keluarga buat berenang dan piknik ala-ala. Serunya berenang disana sih memang karena dinginnya air dipadu hawa pegunungan yang sejuk.

Siapa sangka ternyata tempat wisata yang hanya berjarak 12 km dari pusat kota Jember ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu, tepatnya dibangun sekitar tahun 1937. Semacam tempat peristirahatan untuk melepas penat dan lelah dari rutinitas lah kira-kira. Meskipun mengalami beberapa renovasi, tapi beberapa spot masih dijaga menyerupai bangunan aslinya. Contohnya, Jember lovers bisa lihat pada bangunan restoran yang pas di atas kolam renang itu.

wana wisata rembangan Jember
Restoran yang monumental itu tampak depan. Foto : Yusuf Briliany
Buat yang beberapa kali ke Rembangan, mungkin dalam hati sempat bingung juga dengan hal apalagi yang bisa dinikmati di tempat wisata favorit bagi sebagian besar warga Jember ini.

Spesial buat Jember lovers, TJY ada beberapa rekomendasi nih 7 hal yang bisa Jember lovers lakukan saat berada di wana wisata Rembangan. Ini dia :

1 Berenang di tengah hawa pegunungan

Buat Jember lovers yang pernah berkunjung ke Jawa Barat dengan puncaknya yang sampai membuat macet itu, ga perlu ngiri :) Begitu juga buat Jember lovers yang biasanya mencari kesejukan di kota Apel Malang. Di Jember pun, Jember lovers sudah bisa menikmati sejuknya udara pegunungan karena kontur Jember yang juga berbukit-bukit.


wana wisata rembangan Jember
wana wisata rembangan Jember
Kolam renangnya menggoda buat nyemplung. Foto : Yusuf Briliany
Seperti wana wisata Rembangan di utara Jember yang berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini. Untuk sampai disini, Jember lovers juga tak perlu effort yang besar banget karena jalan menuju kesini sudah cukup mulus. Selain itu, karena terletak di kaki Gunung Argopuro, dijamin Jember lovers bisa menghirup oksigen dalam-dalam yang bisa dijadikan "tabungan" sebelum kembali ke tengah kota :) Berenang di kolam renangnya yang besar itu akan memberikan sensasi tersendiri. Coba saja kalau ingin merasakannya langsung.

 

2 Menikmati kuliner sambil memandangi hamparan pemandangan

wana wisata rembangan Jember
Suasana restoran yang masih asli seperti awal dibangun. Foto : Yusuf Briliany

Selepas berenang dan menghirup udara dalam-dalam, rasanya mencari kehangatan dari kudapan kuliner yang tersaji disana jadi kebutuhan wajib berikutnya. Bisa dengan membawa bekal ala kadarnya sambil menggelar tikar ala piknik keluarga di hamparan rumput hijaunya atau di pinggir kolam renang. Tapi, saran terbaik adalah masuklah ke restoran, duduklah sambil menghadap hamparan luas pemandangan dengan warna-warna alam yang otentik. Segelas kopi susu atau teh hangat dengan aneka kuliner yang tersedia di restoran siap untuk Jember lovers nikmati.

 

3 Blusukan ke agro wisata 

Kelebihan area sekitar Rembangan ini memang daerah penghasil buah-buahan, seperti buah naga dan buah durian, bahkan kopi. Tak heran, kadangkala ketika musim durian tiba, Jember lovers akan melihat sepanjang jalan menuju ke pintu masuk wana wisata Rembangan, berjajar penjual durian yang siap menanti pembeli.
wana wisata rembangan Jember
Buah naga organik yang menggoda, petik langsung aja. Foto : via nasional.republika.co.id


Ada pula kebun rayap yang merupakan perkebunan kopi yang juga bisa dikunjungi untuk umum. Letaknya masih sekitar kurang lebih 5 km dari wana wisata Rembangan. Untuk menuju ke agro wisata ini, lebih lengkap bisa Jember lovers tanyakan ke petugasnya ya.

 

4 Berkunjung ke peternak sapi perah di perkampungan

wana wisata rembangan Jember
Sapi perah yang bangunnya lebih pagi daripada kamu :) Foto : via ferry-ferdiansyah.com

Ternyata  di Jember juga terdapat peternak sapi layaknya di Pujon, Malang. Meski tak sebanyak di Malang, tapi lumayanlah buat menambah wawasan orang "kota" yang ingin tahu kehidupan para peternak sapi ini. Cobalah tanyakan tentang kemungkinan untuk diantarkan menuju ke perkampungan peternak sapi oleh petugas disana. Tapi, malamnya prefer jangan begadang deh, karena untuk melihat proses pemerahan sapi secara langsung, Jember lovers perlu bangun subuh-subuh sekitar jam 4. Lebih dari itu, biasanya proses pemerahan sapi sudah selesai, apalagi kalau matahari sudah terbit. Minum susu sapi langsung dari rumah peternak sapinya, hmm, boleh dicoba :)

 

5 Olahraga dan ber-fun games ala ala

Nah, pasti sudah tahu kan kalau di sekitar wana wisata Rembangan ini lingkungannya hijau banget. Rumput-rumput yang menghampar terawat rapi dengan bunga-bunga yang setia menemani. Ditambah, burung-burung yang beterbangan kalau cuaca sedang mendukung.


wana wisata rembangan Jember
Bikin fun games aja, seru banget pasti. Foto : Yusuf Briliany
Di atas hamparan halaman itu, juga terdapat beberapa permainan yang bisa dimainkan seperti ayunan, mainan berputar, jungkat jungkit, atau sekedar area duduk-duduk santai. Tak ada salahnya, kalau kesana bareng teman atau keluarga, seseruan bikin fun games yang mengandung kompetisi kekompakan tim, seru juga. Jogging pagi hari dengan track yang sejuk juga oke. 

wana wisata rembangan Jember
Tantangan loncat loncat menjelang senja bersama travelmates dari Bekasi. Foto : Ayi Noe
Hm, curcol sedikit nih, dulu, saya dan suami post wedding travel nya kesini loh. Sekalian foto-foto dan ber fun games sedikit, haha :)

 

6 Menginap di hotel dan menikmati pemandangan Jember malam hari

Dengan luas area 13,4 hektar, Rembangan juga menyediakan fasilitas berupa hotel dengan kelas melati untuk menginap. Meski Jember lovers bukan datang dari luar kota, cobalah sesekali untuk staycation. Menginap meski cuma semalam di area bersuhu 18 derajat celcius ini akan memberi pengalaman tersendiri. Kenapa? Sebab di malam hari, Jember lovers akan menikmati kerlap kerlip kota Jember bak lampu kunang-kunang yang menyala terang di gelapnya malam. Ah, syahdunya. FYI, menurut brilio.net, puncak Rembangan juga salah satu lima bukit bintang paling eksotis di Indonesia loh.
wana wisata rembangan Jember
Syahdunya suasana malam di puncak Rembangan. Foto : via tabloidwisata.com
Untuk tarif hotel mulai dari 165 ribu ke atas sampai dengan kurang dari 300 ribu per malamnya. Dengan tarif itu, Jember lovers sudah bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang dan taman bermain, restoran, lapangan tenis, area bersepeda dan berkuda, dan musholla. Untuk yang ingin mengadakan acara-acara tertentu, restoran dan aula (kapasitas sekitar 250 orang) biasanya juga mengakomodasi kebutuhan itu.

 

7 Kemping ceria

wana wisata rembangan Jember
Saat bergelantungan di hammock dan bermalas-malasan seharian :) Foto : Ayi Noe

Last but not least, coba deh untuk berkemping ceria. Saat post wedding travel di akhir 2015 lalu, saya dan suami mencoba kemping ceria. Pilih lokasi yang strategis di salah satu hamparan rumput hijaunya, dan seketika Jember lovers juga akan mengalami pengalaman yang lain lagi. Asik juga misal ditambahkan hammock untuk bergelantungan diantara pohon-pohonnya pas Jember lovers bangun di pagi hari atau sedang menghangatkan tubuh saat memasuki waktu siang.  Jangan lupakan juga pemandangan sunrise ataupun pagi hari yang indah banget.

wana wisata rembangan Jember
View menjelang sunrise yang wow banget. Foto : Nana Warsita

Bagaimana Menuju Wana Wisata Rembangan ?

Ada banyak rute menuju kesini, dan seperti yang TJY bilang tadi, ga terlalu terjal kok. Hanya sedikit berkelok-kelok. 

Kalau Jember lovers dari jalur selatan (Jember kota), langsung menuju arah Kecamatan Baratan (arah Arjasa atau RSUD dr. Soebandi Patrang, Jember) >> Desa Kemuning >> wana wisata Rembangan.

Kalau Jember lovers dari arah jalur utara (Bondowoso), langsung menuju Kecamatan Arjasa >> Desa Kemuning >> wana wisata Rembangan.


wana wisata rembangan Jember
View saar pagi hari, sejuk dan rimbun. Foto : Nana Warsita
Untuk urusan transportasi, memang lebih mudah menggunakan transportasi pribadi seperti motor atau mobil, atau menggunakan jasa travel konvensional maupun transportasi online. Karena memang tak ada transportasi publik yang bisa mengantarkan Jember lovers sampai kesana. Lebih jelasnya bisa mengikuti panduan google maps ini.

Hm, bagaimana dengan harga tiket masuk? Yang terbaru ini, TJY belum survei lagi nih. Kalau ga salah, sepengalaman TJY, antara 5 ribu rupiah (anak-anak) dan 7500 rupiah (dewasa) dan tarif parkir sekitar 2-5 ribu per kendaraan, tentu berbeda untuk motor dan mobil.

Jadi, kalau berkunjung ke "puncak" nya orang Jember ini, sudah ga bingung kan mau melakukan aktivitas apa aja, 7 hal di atas bisa Jember lovers coba lakukan di wana wisata Rembangan. 


-Traveling Jember Yuk-


Tulisan ini merupakan collaborative blogging tempat wisata favorit di daerahmu bersama kawan blogger Shine Fikri


You Might Also Like

10 comments

  1. Dari semua, yang belum coba renangnya. Aduuhh kebayang dinginnya gimana hihiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku justru renang yg pertama kali dicoba dari kecil dulu, haha. Dingin tapi nagih gitu Vin ^o^

      Delete
  2. Rembangan kayak Lembangnya Bandung ya, daerah dataran tinggi & lebih dingin. Gimana kalo berenang di Rembangan, di Lembang aja klo berenang aduh dinginnya bbbrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke Jember hayuk mbak, tar rasain langsung. Rame2 kali ya biar anget, wkwk

      Delete
  3. Itu di Restaurant Rembangan menu favorit nya apa? Tampak klasik Restoran nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm, rata2 sih ada makanan berat dan ringan. Nasgor kayaknya ya yg fave, pisang goreng juga ada kl ga salah, trus minuman2 angetnya juga nendamg. Banyak pilihan mas :)

      Delete
  4. aku kapan di ajak2 meng jember mba.... mau ishh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo lah Ki, langsung cuz. Nunggu undangan maksudnya? :D

      Delete
  5. wih, buahnya menggiurkan.. tertarik sama wisata agro dan sapi perahnya :D

    ReplyDelete
  6. Lah, gk terlalu mahal ya penginapan di sana. View nya kece banget pula. Kapan-kapan mampir ke sini lah. 😊

    ReplyDelete

Follow by Email

Like us on Facebook